Kunjungan Industri Prodi Teknik Otomasi Listrik Industri

Kunjungan Industri oleh mahasiswa Teknik Otomasi Listrik Industri (TOLI)  didampingi oleh tiga dosen dilaksanakan pada tanggal 14 November 2016. Kunjungan ini bertujuan untuk memenuhi standar kompetensi dalam mata kuliah Building Automation System. Kegiatan ini diikuti oleh 22 mahasiswa semester 7. Di tahun ini kunjungan industri dilakukan di mall Senayan City, Jakarta.

Beberapa kegiatan yang dilakukan adalah pengenalan sistem listrik seperti BAS (Building Automation System), Metasys System, Safety System, serta beberapa instrument listrik yang digunakan di mall tersebut. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan melihat langsung ke ruangan sistem back- up instalasi untuk melihat  PLC yang digunakan, bagaimana panel otomasinya berkerja dengan menghidupkan 8 buah genset yang ada sebagai back- up jika listrik dari PLN mengalami gangguan. Mahasiswa juga melihat langsung ruang panel sistem monitoring kelistrikan dari gedung. Di ruang genset, mahasiswa dijelaskan mengenai sistem fire extinguisher otomatis jika terjadi gangguan adanya api pada genset. Diakhir sesi kunjungan ke ruangan, mahasiswa juga dijelaskan mengenai sistem penghematan energi pada mall.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh bapak Wahyudi selaku Engineering Manager Senayan City. Acara diakhiri dengan pemberian cindera mata. Kegiatan ini mendapat tanggapan positif dari bapak Wahyudi yang menyatakan kesediaan pihak Senayan City dalam menerima kunjungan industri selanjutnya dan juga praktek kerja lapangan oleh mahasiswa PNJ khususnya Teknik Elektro di masa yang akan datang. Semoga kegiatan ini tetap berlangsung setiap tahunnya dan dapat memberikan pengalaman positif bagi mahasiswa yang mengikutinya.