Ketahanan energi adalah isu yang, siap atau tidak, harus dihadapi oleh generasi produktif 10 tahun yang akan datang. Karena itu, teknik pendayagunaan sumber-sumber energi terbarukan perlu dikenalkan kepada anak-anak sejak dini. Untuk memperkenalkan energi terbarukan ke anak-anak diperlukan media pembelajaran yang mudah dipahami, sehingga konsep energy terbarukan bisa tertanam di otak anak-anak. Oleh karena itu, kami dari Prodi TOLI membuat modul praktek modul praktek energy terbarukan. Dengan modul ini, anak-anak akan belajar tentang salah satu sumber energy listrik, proses konversi, merakit komponen, menggunakan dan membaca alat ukur. Modul ini akan diberikan ke mitra pengabdian yaitu komunitas Homeschooling Alam (HSA).

Kegiatan yang dilakukan pada pengabdian ini ada 3 (tiga), yaitu: pembuatan modul praktek energy terbarukan, penerapan langsung ke anak-anak (tim prodi datang ke mitra untuk memberikan pengajaran tentang energy terbarukan kepada siswa Homeschooling Alam), dan pelatihan untuk guru tentang penggunaan dan perawatan modul praktek.

Harapan dari kegiatan ini adalah dengan membekali pengetahuan tentang energi terbarukan kepada anak-anak (pada usia dini) akan berdampak pada pola pikir mereka dimasa datang untuk melakukan konversi dan penghematan energi.

Pelatihan dilakukan selama satu hari pada hari Rabu, tanggal 31 Agustus 2016 di Homeschooling Alam Tanah Baru Depok. Pelatihan untuk siswa usia sekolah dasar dengan Materi yang berikan adalah pengenalan tentang energi, sumber energi, dan lain sebagainya.